Apa Itu Blog? Manfaat dan Fungsinya

Postingan pertama Kang Pian mengenai Blog. Berbicara mengenai blog, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Mungkin banyak dari kalian yang baru mengenal blog bertanya-tanya 'Apa Itu Blog?' dan 'Apa Manfaatnya? dan Apa Fungsinya?'. Nah, pada postingan kali ini, saya akan membahas mengenai Apa Itu Blog? serta Manfaat dan Fungsinya. Untuk itu langsung saja kita bahas topiknya.
Apa Itu Blog? Manfaat dan Fungsinya
Apa Itu Blog? Blog sendiri berasal dari dua suku kata, yakni Web dan Log (Weblog) yang merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan-tulisan yang dimuat sebagai postingan atau artikel blog pada sebuah halaman web. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Blog adalah halaman web online yang berisikan catatan, tulisan, ataupun rangkaian artikel yang dapat diperbaharui. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan dan tujuan dari penulis blog tersebut, yang biasanya dengan menuliskan suatu kata tertentu (keyword) pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau Search Engine lainnya.

Blog ini memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat, tapi itu tergantung dari orang yang mengelola blog tersebut, tapi tentu saja diharapkan untuk digunakan untuk hal yang positif dan tidak bermaksud untuk berbuat negatif dan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Setelah kamu membaca artikel diatas, sekarang kamu sudah mulai memahami apa itu blog dan sekarang kita beralih ke fungsi blog secara umum, fungsi blog secara umum adalah untuk menyalurkan catatan atau tulisan-tulisan sang penulis ke dalam blog itu sendiri. Ada berbagai macam fungsi blog, antara lain:

#1: Sebagai Media Pribadi
Fungsi blog yang satu ini biasanya sering digunakan untuk menuliskan tentang keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup, curahan hati (curhat), dan semata-mata hanya untuk kepentingan diri sendiri saja dan bersifat pribadi. Biasanya blog model seperti ini hanya dapat dilihat oleh penulis itu sendiri atau kepada seseorang yang sudah mendapatkan izin untuk membacanya.

#2: Sebagai Media Bisnis atau Usaha
Blog model seperti ini pasti kalian sudah mengerti. Betul, blog ini dipergunakan untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan usaha seseorang, seperti usaha berdagang dengan menawarkan produk-produknya melalui blog. Dan ada yang menawarkan jasa, toko online, jual beli, dan masih banyak lagi blog usaha yang lainnya.

#3: Berbagi Ilmu dan Informasi
Ada juga fungsi blog yang berguna sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi kepada pembaca. Menurut saya, blog seperti ini sangat bagus karena lebih mengutamakan kepentingan para pembacanya. Misalnya, kalian memiliki pengetahuan tentang SEO, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk berbagi ilmu tentang Belajar SEO, Optimasi SEO, dan lainnya yang berhubungan dengan SEO. Usahakan jangan membahas berbagai topik atau sering disebut gado-gado, contohnya kalian membahas tentang SEO di artikel berikutnya kalian membahas Berita Terkini, itu akan menurunkan minat pembaca.

#4: Sebagai Media Promosi dan Pengiklanan
Jenis blog ini lebih diperuntukkan kepada pemilik blog yang ingin mengedarkan barang, jasa, maupun produk orang lain dalam blog kita dengan maksud dan tujuan untuk mendapatkan doku dari orang yang sudah kita promosikan, seperti: Jasa Tulis Artikel, Jasa Review, Pasang Iklan, dan lain-lain).

Tentunya masih banyak lagi fungsi-fungsi blog yang lainnya, diatas merupakan sebagian saja. Karena, fungsi blog itu tergantung pada si pemilik blog itu sendiri. Namun perlu diketahui, di era modern sekarang ini terdapat banyak sekali blog yang dipergunakan untuk hal yang kurang mendidik, seperti menampilkan konten-konten dewasa yang bersifat pornografi dan pastinya dapat berdampak buruk bagi orang lain yang melihat atau membacanya.

Di zaman modern sekarang ini, semua teknologi serba canggih, setiap orang dapat menggunakan blognya dengan berbagai fungsi dan manfaat. Untuk itu, gunakanlah blog dengan baik dan benar serta mencegah pembuatan blog yang berdampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain.

Mungkin hanya itu saja pembahasan singkat kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan juga bagi para penulis blog. Jika, kalian ingin bertanya mengenai Apa Itu Blog? Manfaat dan Fungsinya silahkan kirimkan pertanyaan anda melalui kotak komentar yang tersedia dibawah, terimakasih.

Artikel Kang Pian Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar yang relevan, jangan menaruh link aktif pada komentar.

Copyright © 2017 Kang Pian | Design by Bamz