Tips Membuat Artikel Blog yang Berkualitas dan Disukai Google

Membuat artikel adalah hal yang harus dikerjakan oleh seorang blogger dan menjadi aktivitas rutinitas, sebelum membuat artikel biasanya blogger akan mencari dan mendapatkan kata kunci terlebih dahulu untuk judul artikel. Tentunya untuk judul artikel yang berkualitas dan mudah untuk ditemukan mesin pencari kita harus melakukan riset keywords pada Google Keyword Planner atau kalian bisa menggunakan tools lainnya.

Artikel yang berkualitas merupakan kunci untuk membuat blog kita ramai pengunjung dan pastinya dikenal banyak orang. Alasan lain, google juga menyukai artikel yang berkualitas apalagi kalau kalian menerapkan teknik seo on page pada blog. Untuk itu di perlukan usaha dari diri sendiri untuk membuat artikel yang berkualitas dan selalu memperhatikan kesalahan-kesalahan saat menulis artikel.
Tips Membuat Artikel Blog yang Berkualitas dan Disukai Google
Sebagai blogger, tentunya kita berharap bisa menyajikan posting yang bagus, posting yang di-share secara sukarela oleh pembaca, posting yang memberi manfaat nyata bagi orang lain. Inilah tips membuat artikel blog yang berkualitas yang akan saya jelaskan:
  1. Membuat Judul yang Tepat dan Menarik
  2. Membuat Artikel Minimal 500 Kata atau Lebih
  3. Menulis Artikel yang Sederhana
  4. Menggunakan Bahasa yang Mudah Dipahami
  5. Mengoptimalkan Keywords dan Link Artikel
  6. Melakukan Optimasi SEO On Page dan Off Page
Lantas bagaimana tips untuk membuat artikel yang berkualitas dan disukai google, berikut ini tips untuk membuat artikel yang berkualitas dan disukai google.

#1. Membuat Judul yang Tepat dan Se-menarik mungkin
Dalam membuat sebuah judul artikel, kalian perlu melakukan reset keyword terlebih dahulu untuk menentukan judul artikel, kita perlu menentukan judul yang tepat supaya disukai oleh Google. Kita sebagai seorang penulis harus pandai-pandai merangkai kata dan harus tau apa yang pengunjung blog inginkan dari blog kita. Untuk membuat judul artikel menarik, saya akan memberikan sebuah contoh, misalkan terlintas di pikiran kalian untuk membuat judul "Cara Membuat Blog" saya sarankan jangan membuat judul seperti itu, maka diganti dengan "Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru" Nah, ini menurut saya tepat. Karena ada kata Terbaru itu akan membuat artikel kita semakin fresh.

#2. Buat Artikel setidaknya 500 kata atau lebih
Banyak yang bertanya, berapa sih seharusnya jumlah kata dalam sebuah artikel itu?. Sebenarnya untuk membuat artikel, hanya 1 baris pun tidak masalah, bahkan ada yang menganjurkan minimal 500  kata, menurut saya itu memang tidak salah dan berapa pun jumlah katanya itu sepertinya sah-sah saja, namun yang perlu diperhatikan untuk membuat artikel yang lebih baik dan agar mudah ditemukan mesin pencari, disarankan membuat artikel yang terdiri dari 500 kata atau lebih, semakin banyak itu semakin baik.

#3. Menulis artikel yang sederhana dan tidak bertele-tele
Google sangat menyukai artikel yang tidak terlalu pendek. Menulis artikel juga harus diperhatikan penempatan kata yang benar, menulis artikel hendaknya disusun dengan rapih serta ditulis dengan jelas dan singkat sehingga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di blog kita. Tidak disarankan untuk bertele-tele atau basa basi terlebih dahulu sebelum menulis artikel, disarankan untuk langsung to the pointnya saja. Karena pengunjung biasanya hanya membaca pokok atau intinya saja, dan jarang memperhatikan basa basi yang ada di dalam artikel.

#4. Pakailah bahasa yang mudah dipahami
Disini kita perlu menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pengunjung blog, jika sebuah blog menggunakan bahasa yang tidak baku, atau menggunakan bahasa daerah si pemilik blog tersebut tentu tidak mudah dimengerti oleh pengunjung blog. Kita sering juga menemukan artikel yang tulisannya disingkat-singkat, tidak baku, atau ada yang menggunakan bahasa kotor. Gunakanlah bahasa negara tercinta kita yaitu bahasa indonesia dan bahasa yang sopan. Kalian juga bisa menggunakan gaya bahasa kalian sendiri tetapi harus diingat, gunakanlah bahasa yang sopan.

#5. Mengoptimalkan keywords dan link artikel
Apa yang dimaksud disini adalah Kata kunci dalam sebuah artikel sangat diperlukan karena itu akan membuat artikel blog kita terkenal dan lebih mudah terindex oleh mesin pencari Google. Dengan mengoptimalkan kata kunci dalam artikel blog, kita sudah membuat blog kita disukai oleh Google. Usahakan untuk memberikan cetak tebal, miring, ataupun garis bawah pada kata kunci yang kita berikan. Tak lupa juga, hendaknya kita memberikan link artikel sesuai dengan kata kunci artikel maupun judul dari artikel tersebut.

#6. Memberikan gambar dalam artikel
Gambar sangat diperlukan selain untuk membangun dan memberikan keterangan sebuah artikel, namun juga dapat menarik datangnya pengunjung blog itu akan membuat artikel kita terlihat hidup. Namun, disarankan pula untuk memberikan tag Alt dan tag Title pada gambar yang kita posting. Dengan begitu, Google akan mudah dalam mengindex gambar artikel yang kita masukkan.

#7. Perhatikan optimasi seo on page dan off page
Faktor yang tidak kalah penting yaitu melakukan Optimasi SEO OnPage dan Optimasi SEO Off Page pada artikel yang ingin kita publikasikan. Menggunakan Optimasi SEO On Page akan memberikan dampak positif bagi artikel maupun blog, Optimasi SEO Off Page akan memberikan energi untuk blog yang kita miliki sehingga artikel yang kita publikasikan memiliki peluang untuk di index oleh mesin pencari.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Tips Membuat Artikel Blog yang Berkualitas dan Disukai Google semoga bermanfaat.

Artikel Kang Pian Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar yang relevan, jangan menaruh link aktif pada komentar.

Copyright © 2017 Kang Pian | Design by Bamz